C.8. Mengenal Bagian-bagian dan Fungsi Microsoft Wordc

Mengenal Bagian-bagian dan Fungsi Microsoft Word


 

Microsoft Office Word atau sering disebut Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang paling sering dimanfaatkan untuk pembuatan surat-menyurat, sertifikat, brosur, kartu nama, pamflet atau dokumen lainnya. Selain kita bisa membuat tulisan, dengan microsoft word kita juga bisa menambahkan gambar di dalam dokumen yang kita buat, sehingga dokumen akan terlihat lebih menarik.
Sebelum kita melakukan pembuatan dokumen alangkah baiknya jika kita sudah mengetahui bagian-bagian dan fungsi dari setiap tools atau peralatan yang disediakan oleh Microsoft Word. 

Berikut ini adalah tampilan jendela kerja Microsoft Word 2010.



Bagian-bagian Microsoft Word 2010 dan fungsinya:

1. Ms. Word Button
Tombol pengaturan dasar pada jendela Microsoft Word. fungsi dari tombol ini akan saya jelaskan pada poin Window Control, karena tombol Ms. Word Button memiliki fungsi yang hampir sama dengan Window Control.
2. Quick Access Toolbar
Bagian dari Microsoft Word yang menampilkan beberapa menu yang sering kita gunakan sehingga mempercepat dalam melakukan perintah. Dalam tampilan standar akan tampak tiga menu yaitu Save, Undo, dan Redo, serta ada satu tombol lagi yaitu Customize Quick Access Toolbar yang bisa kita gunakan untuk menambahkan menu pada Quick Access Toolbar.
3. Title Bar
Bagian Microsoft Word yang menampilkan nama lembar kerja tersimpan yang sedang dibuka. Jika lembar kerja baru maka nama yang tampil yaitu "Document1".
4. Window Control
Menu ini memiliki Fungsi yang sama seperti menu Ms. Word Button yaitu untuk mengatur tampilan lembar kerja. Ada beberapa menu yang bisa digunakan yaitu Minimize, Restore, Maximize dan Close.
5. Menu Bar
Beberapa menu pilihan yang digunakan untuk mengatur lembar kerja baik berupa teks ataupun Objek gambar yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.
6. Ribbon
Menampilkan beberapa menu pilihan dari Tab Menu Bar yang aktif, dan dibagi dalam beberapa Grup.
7. Minimize The Ribbon & Microsoft Word Help
Minimize the Ribbon digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan menu Ribbon. Sedangkan Microsoft Word Help yaitu tombol bantuan jika menemukan masalah pada saat bekerja dengan Microsoft Word.
8. Ruler 
Digunakan untuk mengatur perataan lembar kerja.
9. Scroll
Digunakan untuk menggulung halaman lembar kerja yang belum terlihat, baik secara vertikal (Naik/Turun) berada di bagian kanan lembar kerja, maupun horisontal (ke kanan/kiri) yang berada di bagian bawah lembar kerja.
10. Status Bar
Menampilkan informasi lembar kerja seperti jumlah halaman, jumlah kata, bahasa, dan sebagainya.
11. View Toolbar
Beberapa menu untuk mengatur tampilan lembar kerja.
12. Zoom
Digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja.

Demikian beberapa bagian Microsoft Word dan fungsinya yang bisa saya bagikan. Jika ada saran, kritik, atau komentar lainnya silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan kunjungi Channel Youtube kami di Laptop ZigmaRie 
atau klik play video di bawah ini:



No comments:

Post a Comment

Saran, kritik atau komentar lainnya silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar di bawah ini